5 Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Untuk memaksimalkan sebuah artikel pada sebuah situs maka banyak yang mengunakan SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah salah satu cara di internet yang berfungsi untuk memaksimalkan sebuah halaman atau artikel dalam sebuah situs. Terdapat berbagai jenis SEO yang dapat digunakan untuk situs. Software SEO ini sering dipakai oleh pemilik situs karena akan memudahkan mereka untuk mengoptimalkan halaman dan artikel mereka.

Dengan artikel yang SEO Friendly maka artikel yang ada di dalam situs akan mudah dibaca oleh algoritma Google sehingga berpeluang besar ada di halaman utama mesin pencari atau search engine Google. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan saat mengoptimalkan SEO, berikut informasi singkat dari kami:

  1. Gunakan Keyword atau Kata Kunci di Judul Artikel

Saat mau memposting artikel jangan lupa untuk mencantumkan kata kunci atau focus keyword di judul artikel. Hal ini wajib agar mudah dibaca oleh mesin pencari. Peletakan kata kunci paling baik di awal tapi bukan keharusan karena harus menyesuaikan dengan keseluruhan judul. Dengan tidak mencantumkan kata kunci maka google akan kessulitan menebak artikel yang ada.

  1. Tulisan di Artikel Panjang

Menurut SEO sebuah artikel baik minimal panjang katanya minimal terdiri dari 300 kata. Saran dari banyak ahli SEO maka semakin panjang artikel akan semakin bagus. Hal tersebut supaya search engine bisa melacak sebuah artikel di situs. Selain panjang usahakan tulisan di artikel juga mendalam. Mendalam di sini adalah artikel berdasarkan pengalaman dari penulis itu sendiri. Jangan tidak mencontek artikel lainnya karena Google akan tidak akan memperhatikannya.

  1. Gunakan Internal Linking

Salah satu faktor untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan memberikan internal linking di setiap artikel. Internal linking adalah link halaman atau artikel dalam satu situs. Hal ini penting agar memperkuat hubungan antar halaan serta mudah dibaca oleh mesin pencari. Jumlah link yang bisa di pakai tidak ada yang mengetaui idealnya. Ada yang berpendapat 3-5 link cukup, ada yang beranggapan bisa sebanyak mungkin.

  1. Gunakan Elemen H1, H2, dan H3

Hal sederhana yang tidak kalah penting adalah dengan memakai elemen H1, H2, dan H3. Hal ini banyak sering dilupakan oleh pembuat artikel padahal memberikan elemen tersebut akan meningkatkan readibility suatu artikel dan otomatis SEO akan menjadi lebih baik lagi.

  1. Optimalkan Meta Deskripsi

Tips berikutnya adalah jangan lupa untuk mengoptimalkan meta deskripsi. Di meta deskripsi user bisa menulis kata kunci dan juga informasi lainnya yang berhubungan dengan kata kunci. Pastikan kata-kata di meta deskripsi menarik karena akan tampil di mesin pencari Google.

Demikian tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly untuksebuah situs. Semoga informasi di atas dapat menjadi tambahan referensi tentang SEO untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *